Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Panduan Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

Mungkin, Anda tertarik untuk memulai bisnis online tapi modal Anda masih sangat minim. Membuat website untuk toko online memang sangat diperlukan tapi hal tersebut juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu, apakah Anda harus menyerah? Tentu saja hal tersebut bukan sebuah pilihan karena Anda masih bisa menggunakan cara lainnya. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog gratis yang sudah disediakan oleh Google yaitu blogspot. Berikut ini adalah panduan cara membuat blog di blogspot dengan cepat dan mudah.

Syarat Wajib untuk Membuat Blog
Sebelum membahas panduan cara membuat blog dengan menggunakan blogspot, Anda harus mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi. Jangan khawatir, syarat untuk membuat blog sangatlah mudah. Bahkan Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Syarat utama yang harus Anda penuhi untuk membuat blog adalah memiliki email. Jika Anda belum memiliki email maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya melalui Gmail yang juga disediakan oleh Google. Silakan kunjungi Gmail.com dan klik Create An Account. Kemudian, Anda akan diarahkan pada form yang wajib Anda isi. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan I Agree to the Google kemudian klik Next Step. Setelah email Anda siap, itu artinya Anda sudah bisa mulai membuat blog di blogspot. Cara membuat blog menggunakan blogspot akan dijelaskan di bawah ini.

Panduan Membuat Blog dengan Menggunakan Nama Anda
Pada dasarnya, panduan cara membuat blog hampir sama dengan panduan membuat email di atas. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website resminya, blogspot.com. Setelah itu, masukkan alamat email dan password yang Anda buat tadi kemudian klik sign in. Kembali lagi, Anda akan diarahkan untuk mengisi form sebagai data blog Anda nantinya. Isi semuanya dengan benar kemudian beri tanda centang pada I Accept. Sebelum mengklik Continue pastikan bahwa data Anda sudah benar dan siap untuk diproses. Tunggu beberapa saat dan dalam waktu singkat Anda sudah memiliki blog dan siap untuk dikelola. Mengelola blog meliputi beberapa aktivitas seperti memilih template yang menarik, memberi nama yang unik pada blog, dan memposting informasi yang Anda sukai.

Jika Anda ingin mulai memposting, maka masuk ke halaman posting dan tulis sesuai dengan konsep blog Anda. Cek kembali postingan Anda kemudian preview untuk memastikan bahwa postingan sudah benar dan menarik. Jika sudah siap maka Anda hanya perlu mengklik terbitkan posting maka tulisan pertama Anda sudah terpasang di blog tersebut. Ada kebanggaan tersendiri karena Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri untuk menjadi blog (namaanda.blogspot.com). Semoga panduan cara membuat blog ini bisa dipahami dan Anda praktekkan dengan segera. Selain tulisan, Anda juga bisa memgkombinasikan dengan gambar, video, atau tautan yang sesuai dengan konsep blog Anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar